Psikologi Manajemen "Review Jurnal Job Enrichment"

KELOMPOK BUNGA CEMPAKA

Nama Anggota/NPM  :
1.       Aulia Kusuma Wardani      (115-13-500)
2.      Muhammad Al Azhar          (155-13-822)
3.      Natasha Erinia                      (165-13-353)
4.      Prima Nur Hakim                (165-13-924)
5.      Riska Indraswari                  (175-13-794)
6.      Yanita Rahma Juita             (195-13-806)

PENGARUH JOB ENRICHMENT TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT MELALUI PSYCHOLOGICAL MEANINGFULNESS SEBAGAI MEDIATOR
GADJAH MADA JOURNAL OF PSYCHOLOGY
VOLUME 1, NO. 1, JANUARI 2015: 61 – 73
ISSN: 2407-7798

I.            LATAR BELAKANG MASALAH
Penentu  keberhasilan dan pencapaian tujuan organisasi selalu berkaitan dengan sumber daya manusianya. Hal tersebut membuat  sikap  kerja  karyawan  menjadi hal yang penting untuk diperhatikan oleh organisasi. Dalal, Brummel, Baysinger, & LeBreton,  (2012) Salah satu sikap kerja yang memberikan kontribusi terbaik sebagai prediktor performansi organisasi ialah engagement. Ekspresi yang dikehendaki seseorang berkaitan dengan perilaku tugasnya, yang menghubungkan pekerjaannya dengan eksistensi personal (fisik, kognitif, dan emosional) dan  peran  diri  secara  utuh. Dimensi fisik, kognitif, dan emosional merupakan energi yang mampu mendorong seseorang untuk bekerja secara optimal, sedangkan peran diri tergambarkan melalui kondisi psikologis. Menurut Kahn (1990) Dimensi fisik, kognitif, dan emosional diungkapkan melalui ekspresi diri yang menunjukkan identitas, pemikiran, dan perasaan sesungguhnya. Shorbaji, Messarra, dan  Karkoulian  (2011) mengungkapkanbahwa engagement memang berkaitan dengan bagaimana seseorang mengevaluasi dirinya.

II.            TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh job enrichment terhadap employee engagement melalui psychological meaningfulness sebagai mediator. Hasil penelitian ini menemukan bahwa psychological meaningfulness mampu menjadi mediator yang baik bagi pengaruh job enrichment terhadap employee engagement.

III.            METODE PENELITIAN
a.       Variabel Penelitian
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ialah employee engagement, psychological meaningfulness, dan  job enrichment. Variabel dependen ialah employee engagement, mediator ialah psychological meaningfulness, dan variabel independen ialah job enrichment.
b.      Subjek penelitian
Subjek penelitian ini ialah seluruh karyawan tetap di sebuah perusahaan properti industry yang berjumlah 163 karyawan.  Penentuan  subjek  penelitian  melibatkan seluruh anggota populasi sehingga peneliti tidak menggunakan teknik sampling.

IV.            HASIL DAN DISKUSI PENELITIAN
Secara keseluruhan, subjek penelitian memiliki tingkat employee engagement, psychological meaningfulness, dan job enrichment diatas rata-rata. Hal tersebut dikarenakan mean empirik menunjukkan nilai yang lebih besar dibandingkan mean hipotetik.
Uji hipotesis dilakukan melaluiuji mediasi, yang terdiri dari uji korelasi dan analisis regresi. Uji korelasi dilakukan antara variabel psychological meaningfulness dan job enrichment, antara variabel employee engagement dan job enrichment, serta antara variabel psychological meaningfulness dan employee engagement.

V.            KESIMPULAN
Penelitian  ini  menerima  hipotesis yang diajukan, yaitu job enrichment berpengaruh positif terhadap employee engagement melalui peningkatan psychological meaningfulness sebagai mediator. Pengaturan pekerjaan yang menantang memunculkan perasaan kebermaknaan. Kebermaknaan diri yang muncul dikarenakan desain pekerjaan yang sesuai dengan tujuan dan nilai diri membentuk engagement yang tinggi. Selain itu, pengaturan pekerjaan yang melibatkan usaha untuk membangun makna kerja menghasilkan tingkat engagement yang lebih baik dibandingkan pengaturan pekerjaan yang mengabaikan pentingnya peran kebermaknaan kerja di dalam diri karyawan.

DAFTAR PUSTAKA
  Sungkit, F.N dan Meiyanto, I.S. (2015). Pengaruh Job Enrichment Terhadap Employee  Engagement Melalui Psychological Meaningfulness Sebagai Mediator. Gadjah  Mada   Journal Of  Psychology 1 (1), 61 – 73.

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers


Recent Comments