review jurnal kepuasan kerja

KELOMPOK BUNGA CEMPAKA

Nama Anggota/NPM  :
  1.  Aulia Kusuma Wardani      (115-13-500)
  2. Muhammad Al Azhar          (155-13-822)
  3. Natasha Erinia                      (165-13-353)
  4. Prima Nur Hakim                (165-13-924)
  5. Riska Indraswari                  (175-13-794)
  6. Yanita Rahma Juita             (195-13-806)

Judul                 :Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja Terhadap Organizationl Citizenship Behavior Pada Karyawan PT. SURYA TIMUR SAKTI JATIM
Nama Penulis      : Vannecia Marchelle Soegandhi, Drs. Eddy M. Sutanto, M.Sc dan Roy Setiawan, S.Kom.,MM.,MSM.


 I. PENDAHULUAN
Dewasa ini era globalisasi ditandai dengan perubahan-perubahan pesat pada kondisi perekonomian secara keseluruhan, hal ini telah menimbulkan suatu tuntutan yang harus dipenuhi oleh para pelaku ekonomi maupun industri. Salah satunya ialah, bagaimana organisasi secara responsif menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi. Perubahan tidak hanya pada eksternal namun juga internal perusahaan. Perubahan eksternal juga harus diikuti oleh perubahan internal perusahaan, salah satunya adalah tenaga kerja.
Organisasi mengharapkan kinerja individual yang semaksimal mungkin untuk dapat mencapai keunggulan perusahaan, karena pada dasarnya kinerja individual atau kelompok kerja adalah yang akhirnya mempengaruhi kemajuan perusahaan secara keseluruhan. Kriteria kinerja yang baik menuntut karyawan untuk berperilaku sesuai harapan organisasi. Perilaku ini tidak hanya mencakup in-role yaitu bekerja sesuai dengan standar job description saja namun juga extra-role yaitu memberikan perusahaan lebih dari pada yang diharapkan. Perilaku ini cenderung melihat karyawan sebagai makhluk sosial yang memiliki kemampuan untuk berempati kepada orang lain dan lingkungannya dan juga menyelelaraskan nilai-nilai yang dimiliki dengan nilai-nilai lingkungan sekitarnya (Sloat, 1999).


II. TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah dapat dikemukakan tujuan penelitian sebagai berikut:
1. Untuk mendeskripsikan pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior karyawan pada PT. Surya Timur Sakti Jatim di Surabaya.
2. Untuk mendeskripsikan pengaruh loyalitas kerja terhadap organizational citizenship behavior karyawan pada PT. Surya Timur Sakti Jatim di Surabaya.
3. Untuk mendeskripsikan pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas kerja terhadap organizational citizenship behavior karyawan pada PT. Surya Timur Sakti Jatim di Surabaya.

III . SUBJEK PENELITIAN
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan karyawan di PT.X yang yang berjumlah 332 karyawan (Sumber :Data Karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim). Populasi penelitian ini adalah karyawan dari semua divisi termasuk satpam, dan sopir.. Sampel penelitian di tetapkan sebanyak 119 sampel. Karakteristik sampel penelitian ini adalah: (a) karyawan tetap di PT.Surya Timur Skati Jatim, (b) karyawan yang telah bekerja selama 3 tahun ke atas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan menggunakan Non Probability Sampling jenis Quota Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan kriteria tertentu, dengan teknik ini, peneliti dapat lebih mudah mencari kriteria yang diinginkan dalam pembahasan skripsi mengenai loyalitas dan kepuasan kerja karyawan terhadap Organizational Citizenship Behavior.
IV.    METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan merumuskan hipotesis dan dilakukan pengujian statistik untuk menerima atau menolak hipotesis yaitu pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas terhadap organizational citizenship behavior.
V.       HASIL DAN DISKUSI PENELITIAN
Hasil dari penelitian ini ditemukan kepuasan kerja karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim termasuk dalam kategori tinggi, hal ini menguntungkan perusahaan karena karyawan telah memiliki produktivitas yang baik.
Maka kepuasan kerja karyawan perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi dengan memperhatikan faktor yang mempengaruhi seseorang memiliki sikap puas dalam bekerja secara eksternal dalam Mangkunegara (2005:120) antara lain: jenis pekerjaan, menempatkan karyawan pada pekerjaan yang cocok dengan bakat dan minatnya, selain itu mutu pengawasan, jaminan keuangan, kesempatan promosi jabatan, interaksi sosial, dan hubungan kerja juga berpengaruh terhadap kepuasan kerja, pengaturan hal-hal ini tidak diperlukan biaya yang tinggi sehingga mudah diputuskan oleh organisasi, dengan demikian peningkatan kepuasan kerja nantinya juga akan memberikan peningkatan terhadap Organizational Citizenship Behavior karyawan.
VI.       KESIMPULAN
Berdasarkan pada hasil pembahasan, maka bisa dijelaskan kesimpulan dalam penelitian ini, sebagai berikut:
1. Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim. Yang berarti kepuasan kerja adalah salah satu faktor yang mempengaruhi munculnya sikap organizational citizenship behavior.
2. Loyalitas karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim, walaupun secara pengaruh lebih lemah dari kepuasan kerja. Yang berarti hasil hipotesa awal terbukti, loyalitas kerja merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi timbulnya perilaku organizational citizenship behavior.
3. Kepuasan Kerja dan Loyalitas kerja karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim secara simultan berpengaruh signifikan dan positif Organizational Citizenship Behavior. Maka hipotesa awal terbukti. Dari hal-hal diatas ,hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepuasan kerja merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap perilaku OCB karyawan, sehingga dapat disimpulkan bahwa hal utama yang mendorong karyawan untuk memberikan kontribusi lebih dari standar atau extra role kepada perusahaan adalah karena karyawan merasa puas terhadap organisasi tempat mereka bekerja. Selain itu, dapat disimpulkan juga bahwa Loyalitas Kerja juga memberikan kontribusi bagi tercapainya OCB karyawan terhadap organisasi. Karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim yang memiliki kepuasan dan loyalitas dalam bekerja akan menampilkan perilaku OCB juga secara otomatis akan mendorong tercapainya kesuksesan perusahaan

DAFTAR PUSTAKA
Soegandhi, M.V,  Sutanto, M.E & Setiawan , R. (2013). Pengaruh  Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim. Journal of management business, 1(1), 1-12


posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers


Recent Comments